bagi kalian2 yang lagi kuliah di bidang pendidikan, khususnya sains,, tentunya semester 6 menjadi semester yang paling sibuk, karena Qita udah dituntut untuk bisa mengajar didepan kelas (mikro teaching)… wahhhhh… persiapannya harus matang lho…. apalagi dinilai sama dosen pembimbing PPL… selain mempersiapkan materi yang harus diluar kepala, Qita juga dituntut untuk membuat RPP dan Silabus… hohoho….aGak pushing juga sihhh tapi Qita pasti bisa… ini dia salah satu contoh RPP SMP Kelas VIII semester 1 tentang sistem peredaran darah manusia…( RPP ini bukan RPP terpadu dan belum berkarakter)…. hehehe….

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Sekolah              : SMP N 2 Patuk

Kelas/ Semester        : 1/VIII

Mata Pelajaran : IPA Terpadu

Pertemuan                : Pertama

KKM                  : 65

Alokasi Waktu         : 10 Menit

Standar Kompetensi

Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia

Kompetensi Dasar

Mendeskripsikan sistem peredaran darah pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan

Indikator

1. Siswa mampu menyebutkan organ-organ dalam sistem peredaran darah

2. Siswa mampu mendeskripsikan proses peredaran darah manusia

3. Siswa Mampu Menyebutkan kelainan-kelainan dalam proses peredaran darah manusia

PERTEMUAN 1 (1X 10 MENIT)

A. Tujuan Pembelajaran

1. Menyebutkan bagian-bagian dan fungsi organ pada sistem peredaran darah manusia dengan charta.

2. Mendeskripsikan proses peredaran darah manusia melalui demonstrasi.

B. Materi Pembelajaran


C. Metode Pembelajaran

1. Model Pembelajaran berdasarkan masalah

2. Metode pembelajaran : ceramah, demonstrasi dan Tanya jawab

D. Langkah Pembelajaran

1. Kegiatan Pendahuluan                                                          Alokasi Waktu : 2 Menit

a) Guru membuka pelajaran dengan salam pembuka dan berdoa menurut agama dan kepercayaan masing-masing.

b) Guru menanyakan kabar peserta didik dan kesiapan peserta didik dalam menerima pelajaran yang akan disampaikan serta  menanyakan kehadiran siswa.

c) Guru menyampaikan dan menuliskan tema atau judul pada papan tulis “SISTEM PEREDARAN DARAH”

d) Guru memberikan apersepsi kepada siswa dengan menanyakan “ Pernahkah kalian mainan pisau lalu tangan kalian terkena pisau dan keluar cairan yang berwarna merah dari tangan? Cairan apakah itu? Pernahkah juga kalian pergi kedokter lalu diukur tekanan darahnya?

2. Kegiatan Inti                                                                             Alokasi Waktu : 6 Menit

a) Guru menyampaikan materi tentang sistem peredaran darah dan siswa memperhatikan dengan seksama

b) Guru membawa alat peraga berupa botol yang berisi air, Lalu botol tersebut ditekan. Hal ini dilakukan untuk menjelaskan tekanan dalam peredaran darah manusia

c) Guru membawa Charta tentang sistem peredaran darah, Hal ini dilakukan untuk menjelaskan kepada siswa tentang macam-macam peredaran darah.

d) Seluruh siswa diminta untuk mengamati Carta tersebut

e) Guru meminta salah satu siswa untuk maju kedepan menjelaskan tentang charta yang telah disediakan.

f) Guru memberikan penghargaan berupa pujian terhadap keberanian siswa dalam memaparkan hasil pengamatannya

g) Guru memberikan pembenaran terhadap konsep yang yang telah dijelaskan setelah salah satu siswa memaparkan hasil pengamatannya didepan

3. Kegiatan Penutup                                                                     Alokasi Waktu : 2 Menit

a) Guru membimbing siswa untuk mereview kembali pelajaran yang baru saja disampaikan

b) Guru memberikan tugas tambahan dirumah yaitu dengan mengerjakan tugas mandiri buku Contextual Teaching and Learning IPA SMP/MTs Kelas VIII Rini Pratiwi dkk. Penerbit Departemen Pendidikan Nasional 2008. Halaman 103

c) Guru Memimpin berdoa dan salam

E. Sumber Belajar

Contextual Teaching and Learning IPA SMP/MTs Kelas VIII Rini Pratiwi dkk. Penerbit Departemen Pendidikan Nasional 2008. Halaman 86-104

F. Penilaian

1. Teknik

Berupa tes tertulis dan penilaian alternatif

2. Bentuk Instrumen

a. Tes pilihan ganda

b. Uraian

3. Lampiran Instrumen Penilaian

a. Tes pilihan ganda

1. Bagian terbesar penyusun darah adalah…

a. Sel darah merah

b. Sel darah putih

c. Keping darah

d. Plasma darah

2. Oksigen dalam darah akan diangkut oleh…

a. Hemoglobin

b. Plasma

c. Keping darah

d. Sel darah putih

3. Proses pembekuan darah sangat dibantu oleh adanya …

a. Sel darah merah

b. Sel darah putih

c. Keping darah

d. Hemoglobin

4. Urutan sistem peredaran darah kecil adalah …

a. Jantung ke paruparu ke jantung

b. Jantung ke seluruh tubuh ke jantung

c. Jantung ke seluruh tubuh ke paruparu

d. Paru-paru ke jantung ke paru-paru

5. Bagian jantung yang berisi darah yang kaya oksigen adalah …

a. Atrium kanan

b. Atrium kiri

c. Ventrikel kanan

d. Ventrikel kiri

b. Tes Uraian

1) Tuliskan organ-organ dalam sistem peredaran darah!

2) Jelaskan sistem peredaran darah kecil dan sistem peredaran darah besar!

4. Kunci jawaban Instrumen

a. Tes Pilihan Ganda

1. a. sel darah merah

2. a. hemoglobin

3. c. keeping darah

4. a. jantung ke paru-paru ke jantung

5. b. atrium kiri

b. Tes Uraian

1) organ-organ dalam sistem peredaran darah manusia adalah darah, jantung dan pembuluh darah

2) sistem peredaran darah kecil : dari jantung ke paru-paru ke jantung dan sistem peredaran darah besar adalah dari jantung ke seluruh tubuh ke jantung

5. Penetapan Nilai:

Skor pilihan ganda+ skor uraian+ skor uji kerja x 100

3

Yogyakarta, 15 Maret 2011

Mengetahui

Kepala Sekolah SMP N 2 Patuk                                             Guru Mata Pelajaran

…………………………………….                                       ………………………………..

NIP.                                                                                        NIP.

Untuk lebih jelasnya anda bisa download disini… RPP 1

 

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Sekolah              : SMP N 2 Patuk

Kelas/ Semester        : 1/VIII

Mata Pelajaran : IPA Terpadu

Pertemuan                : Pertama

KKM                  : 65

Alokasi Waktu         : 10 Menit

About these ads